Sunday 25 October 2015

Anak Tembalang? Suka sama pisang?

Gue sendiri merupakan pecinta pisang beserta olahan-olahan lainnya. Oleh karna itu, gue merasa perlu berbagi info mengenai keberadaan pisang di Tembalang tercinta ini. Buat lo anak Tembalang pecinta pisang, gue bakal kasih tau rekomendasi olahan pisang yang lagi hits diTembalang dan akan tetap hits sepanjang masa (mungkin).
6. Pisang Biasa
Seperti judulnya, ini merupakan pisang murni tanpa olahan. Pisang biasa pada umumnya. Bisa kita makan kemana aja. Dapetinnya juga gampang. Bisa ditoko-toko sayur, toko buah, warteg sebelah kosan, burjo (kadang-kadang) atau disupermarket kayak Super In*o di Ngesrep. Pisang ini akan selalu menjadi hits sepanjang masa untuk pecinta pisang. Range harga tergantung jenis pisang. Cocok dimakan kapan saja.
5. Pisang Molen
Pisang molen juga jajanan sepanjang masa. Lo bisa dapetin ini dipenjual-penjual gorenganTembalang. Wujudnya yang mungil, bikin ketagihan banget. Range harga 500/buah atau 2000 buat 3. Cocok banget dimakan saat santai, ngerjain tugas atau kelaperan pas akhir bulan.
4. Jus Pisang
Jus pisang merupakan jus fav gue. Jus pisang juga tidak pernah mengecewakan, dimanapun kalian beli pasti rasanya selalu manis dan yum! Hampir seluruh penjual jus pasti menyediakan jus pisang, mulai dari jus deket Indoma*et, jus FH, jus bunderan, jus warteg dll. Kadang bisa dimix dengan buah lain dan bahkan or*o biskuit yg hits jadi berbagai macam makanan ini. Range harga kisaran 6000/7000. Cocok dimakan saat panas terik kemarau.
3. Es Pisang Ijo
Menurut wikipedia espi sejenis makanan khas kota Makassar. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan. Es pi biasa gue panggil, cocok banget dimakan siang terik atau soresore. Lo bisa dapetin espi ini dijajanan depan Polines, bisa dimakan disana sambil duduk dibawah tiker atau dibawa pulang. Didepan polines sendiri ada 2 orang yang jual espi. Tp gue rekomendasiin yang jual Ibu-ibu. Soalnya dia ada macam varian rasa dan kayak selai gitu. Range harga 6000. Cocok dimakan siang dan sore hari.
2. Pisang Meleer / Cokpis Melted
Nah kalo pisang ini fav gue banget. Bentuknya kayak martabak, isi nya coklat cair+pisang yang digoreng. Ditembalang khususnya Banjarsari, ada 2 jenis penjual pisang coklat leleh ini Yang satu bermerek Pisang Meleer, yang satunya lagi bermerk Cokpis Melted.Tekstur luarnya yang agak keras namun renyah, sangat bertolak dengan isinya yang meleleh dan pisangnya yang lembek. Buat gue yang penasaran, gue cobain keduanya. Buat rasa, gue ga ngerasain bedanya sih. Sama aja ada pait pait nya gitu yaa sama lah kayak idup. Harganya juga sama, cukup 2000 rupiah aja. Biasanya gue beli 4 udah kenyang banget (abangnya selalu bilang 5 aja sekalian dan gue tetep kekeh ga mau). Abang-abangnya juga sesama komunikatif (mungkin 1 manajemen) abis cara pemasarannya sama. Selalu nanyain: Baru pulang? abis kuliah? Blablabla. Pisang leleh ini buka sehabis maghrib sampe habis.
1.    Pisang Keju
Nah pisang yang ini lagi hits bgt parahhhh. Selain rasanya yang enak, isinya juga banyak. Sesuai namanya, ini merupakan pisang goreng yang dipake taburan keju. Lokasinya deket bgt sm kos gue di Bulusan, makannya tiap malem pasti gue antri buat beli ini. Tekstur pisangnya yang lembut banget, Ditambahkan pula susu kental manis coklat dan putih sebagai tambahan. Awal bulan Oktober lalu, gue masih beli 7000 perkotaknya, mungkin karna terlalu laris skrg si penjual menaikkan harganya jadi 8000/kotak. Temen gue di Ngesrep aja pada nyari sampe kesini. Bahkan barusan, barusan aja gue liat anak akpol nungguin beli pisju ini juga. Yang beli beragam, bahkan kebanyakan lebih dari 1 kotak. Ada yang beli 2, 3 kotak. Penjual ini buka dari maghrib sampe malem (pernah gue liat jam 23 msh buka).

Itulah rekomendasi ttg dunia perpisangan di Tembalang. Semua jenis pisang merupakan favorit gue. Tp kalo masalah selera, gue memilih nomor 2 alias pisang coklat leleh.
Jangan lupa visit kaniarahmanureda.blogspot.com

Lalu, mana pisang favoritmu?

No comments:

Post a Comment